Otobiografi

Hidupku

posté le 22-07-2020 à 21:23:22

          Situasi dalam bekerja semakin lama semakin berat, kalau masalah pekerjaan aku  tidak jadi masalah tapi yang bikin berat Manager umum selalu mencampuri uru-san pribadi dengan pekerjaan. Kelihatannya dia mulai tidak mempercayai aku , awal-nya ada masalah dengan anak buahku dan driver, kiranya si driver membuat laporan palsu ketika mengantar air isi ulang kesalah satu perusahaan big boss dengan menga takan ganti ban mobil , aku percaya saja . Tapi setelah terbuka kedoknya baru anak buahku menceritakan kejadiannya, nacchhhhh........ aku jelas dong menceritakan ke Manager Umum apa yang diceritakan anak buah padaku aku ceritakan kembali.

          OOhhhh yachhhh... Manager Umum posisinya sudah berganti menjadi Kepala Karyawan/HRD dan Manager Umum diganti dengan orang lain, sudah tentu dia tambah otoliter dan sesuai sifat masih terbawa dalam menangani karyawan.

          Aku lanjut lagi ceritanya.................kiranya anak buahku diancam agar tidak menceritakan padaku atau ke HRD tapi setelah terbuka mau tidak mau mereka harus berterus terang Ketika HRD minta padaku untuk menceritakan kejadiannya tentu saja aku ceritakan menurut yang dicerita anak buahku, ternyata anak buahku ceritanya berbeda dengan yang diceritakan padaku. Semua karyawan tahu bagaimana sifat HRD yaitu tidak percaya sama orang, kita jujur tetap saja dicurigai apa lagi tidak    jujur akan tambah runyam dan sifat lainnya egois, senang bergunjing, merasa paling pintar serta tidak mau disaingi.

Sejak itu hubunganku dengan HRD yang dulu pernah dekat jadi merenggang tapi aku tidak peduli jika dia tidak percaya padaku yang penting aku sudah jujur walau sejujurnya ini membuat aku jengkel dan menjadi tidak nyaman  serasa aku pengen segera keluar dari pekerjaan tapi sorry... hanya karena dia aku berhenti kerja.

          Semoga saja hubunganku dengan si country road kembali seperti dulu sama seperti sebelum putus, tapi sa'at ini aku sudah senang dengan hubungan sebagai teman. Dia penyemangat hidupku dikala aku mengalami berbagai problem di pekerjaan terutama beban mental dari HRD.

HRD semakin tidak suka denganku ketika aku dekat kepala Accounting , aku tidak mungkin menolak berteman dengan orang yang mau dekat denganku.

Bu Henny baik padaku tapi anehnya orang lain tidak bisa dekat dengannya kalau aku perhatikan karena tidak enak dengan HRD karena sejak lama mereka bermusuhan.

Apa lagi kepala Accounting juga kepercayaan big boss maka HRD tambah tidak suka dan merupakan saingan untuknya. 

           Ketika malam selesai tugas sa'atnya aku istirahat dan aku gunakan untuk berkomunikasi dengan si country road karena perbedaan waktu di Indonesia dengan Perancis sekitar lima jam lebih cepat maka saatnya aku tidur aku gunakan untuk me- ngobrol karena si country road sudah pulang dari kerja. 

Kita ngobrol via messenger dan aku semakin lama semakin dekat dengannya dari hari ke hari, ternyata internet bisa memudahkan dalam berkumunikasi padahal kita dipisahkan antar benua yaitu benua Eropa dan benua Asia.

Zaman sudah canggih dan selangkah demi selangkah aku bisa menyesuaikan zaman,yang penting kita mau belajar.

           Sebenarnya aku ingin hubunganku kearah serius segera tapi aku harus ber-sabar, lebih baik aku bersabar daripada putus lagi.

Cinta memang perlu pengorbanan, pengorbanan beli pulsa dan pengorbanan kurang tidur karena kadang aku lupa waktu kalau sudah ngobrol dengannya. 

           Aku mulai berani bertanya tentang hubungan kita berdua.

           : - Bagaimana dengan hubungan kita sekarang ? tanyaku ingin tahu karena

                aku tidak ingin hubungan tanpa kepastian.

 

           : - Kita bertaman saja karena kita berbeda agama, Perancis - Indonesia jauh                  pula dan saa takut naik pesawat.

                 

 Alasan yang sama diutarakan seperti sebelumnya dan aku tidak bisa mengelak, me-mang itu semua benar. Itu kendalanya untuk hubungan kita karena yang utama kita harus bertemu langsung jika ingin hubungan kita serius.

Kalau sudah seperti ini aku tidak bisa bilang apa-apa lagi selain menerimanya dengan keyakinan semua akan mudah jika Allah berkehendak .

Akhirnya kesepakatan kita jalanin dahulu hubungan yang sekarang, nanti  yachh ....; nanti. Wait and see saja dechhh......

 

 

 

       

 

  

 


 
 
posté le 16-07-2020 à 18:50:27

SETITIK CERCAH CAHAYA

          Th 2009 berlalu ....selamat datang th 2010 dan alhamdulillahhh...... tahun dimana hatiku mulai bersemi lagi.

Awalnya keponakanku Adi main ke mess bersama kedua orang tuanya, Adi yang mulai agak besar mulai pintar main Handphone. Tak luput Hanphoneku jadi sasarannya, dia mencoba utak-utik akses yang ada disana kebetulan ada akses internet dan ada FB'Snya , dasar anak-anak sekarang lebih pintar menggunakan internet dibandingkan aku yang tua tapi kalau aku pikir wajar juga sebab zaman aku muda dulu internet belum ada mungkin kalau sudah ada zaman itu aku akan lebih pintar dari anak zaman sekarang karena lebih banyak pengalaman he ...... he ... he.... ayooooo benarkan ??

Aku sejujurnya tidak mengenal FB's,Twitter  pokoknya yang berhubungan dengan internet, dari Adi aku akhirnya mengenal yang namanya FB's karena Adi membuatkan FB's untukku dan walaupun agak sedikit kendala masih belum bisa beroperasi FB'sku tapi jadilah dan tahu gak.. orang yang pertama aku cari dan di ADD adalah si country road ternyata dia ada di FB's akhirnya...... aku menemukannya lagi tapi aku tidak tahu apa masih dipakai atau tidak.

           Ketika Andi menjemputku untuk tugas malam aku ceritakan kalau aku sekarang punya account. FB's hanya entah kenapa belum bisa beroperasi.

Kebetulan Andi pinter internet karena pernah kuliah di ITB hanya belum sempat lulus sudah keluar.

Andi membuat ulang account FB's yang baru untukku dan sudah tentu orang yang pertama aku ADD si country road. Kalau tidak salah aku mulai membuat account FB's sekitar juni atau juli th 2009 tapi aku belum mendapat balasan dari si Country Road  dan pada akhirnya th 2010 sekitar bulan Maret si country road comment di Profileku dari sini hubungan kita menyambung kembali tapi sebagai seorang teman.

           Kita begitu formil dalam bercomentar serasa baru kenal kembali, akhirnya dari sering comen kita berlanjut ke inbox di FB's, di inbox ini kita pelan-pelan mulai kembali seperti dahulu tapi tetap sebatas teman.

Aku tidak berani bertanya tentang hubungan dia dengan wanita yang pernah dia ceri- takan dan mengakibatkan kita putus karena itu masalah prifasi. 

          Si country road menyarankan agar aku beli Laptop sehingga kita bisa komuni-kasi via messenger dan aku pikir itu ide yang bagus, aku harus bertanya pada yang mengerti internet yaitu Andi.

Singkat kata akhirnya aku membeli Laptop di Trademall di kota Bogor, dengan bantuan Andi berjalan lancar dan aku mulai menggunakannya untuk berkomunikasi memakai messenger dengan si country road.

Sa'at ini aku harus memperlancar komunikasi karena itu penting, dalam suatu hubu-ngan yang paling penting komunikasi untuk masalah uang aku sudah bisa mengatasi-nya kiranya dalam satu tahun aku putus komunikasi dengannya banyak hikmah yang terkandung didalamnya dan aku banyak belajar dari pengalaman yang masa dahulu.

          Aku merenung dan berpikir  ternyata dalam suatu hubungan yang paling penting adalah komunikasi, dengan komunikasi lancar yang jauh jadi dekat dan yang dekat bisa jadi jauh jika komunikasi tidak berjalan lancar.

Contoh dalam suatu rumah tangga jika  komunikasi sudah tidak lancar dengan pasangan maka hubungan akan retak dan bisa jadi berakhir diperceraian tapi jika mereka cepat menyadarinya in shaaa Allah rumah tangga mereka akan terselamatkan dengan memperbaiki kumunikasi.  Banyak orang mengatakan hubungan jarak jauh itu susah, itu memang benar tidak dipungkiri tapi dengan canggihnya zaman sekarang semua bisa diatasi kita bisa dengan internet, dan video call sehingga kita bisa saling melepas rindu dan saling bertatap muka.

Hubungan jarak dekat juga beresiko hanya persentasenya tidak sebesar hubungan jarak jauh karena jika ada kesalah pahaman bisa langsung diselesaikan langsung.

Sekali lagi yang utama menurutku komunikasi lancar. 

          Masa lalu cukup menjadi pelajaran yang berharga bagiku karena komunikasi yang tidak lancar menjadi putusnya hubunganku dengan si country road, kita bisa belajar dari kegagalan jika mau menjadi sukses dimasa datang.

Ada pepatah yang mengatakan " KEGAGALAN ADALAH SUKSES YANG TERTUNDA" aku harus membuktikan pepatah ini.

           

 

        

 

 

 

 

 


 
 
posté le 13-07-2020 à 19:19:48

 

Aku, Nur dan keluarganya Rizki di Pantai Jaya Ancol Jakarta.

 

 

 

          Tepatnya th 2009 adalah tahun galau untukku, penuh dengan kehampaan dan kekosongan hati.

           Mba Ira sama sepertiku belum menikah bedanya selain lebih muda dariku tapi prinsipnya juga beda,disetiap curhatnya ada keputus-assan dikarena belum menikah sementara itu bapaknya sudah tua, aku bilang padanya seharusnya mba Ira bersyu-kur Allah memberi kesempatan untuk mba Ira berbakti pada orang tua kalau sudah menikah belum tentu bisa penuh memperhatikan orang tua.

Dengan rasa putus asa mba Ira berkata siang itu berkata padaku di kantor Koprasi.

           : - Saya tidak menikah didunia tida apa nanti menikah diakherat saja.

           ; - Jangan begitu mba.... kegagalan masa lalu itu mungkin bukan jodoh dan

                seandainya jadi mungkin bukan yang terbaik, jadi mba Ira harus merasa                    bersyukur tidak jadi, ini berarti Allah sayang sama mba Ira.

                Yang penting tetap berusaha dan membuka diri untuk berkenalan dengan 

                 lawan jenis, jangan trauma tetap semangat.

                 Kalau aku berprinsip jika gagal aku harus bangun dan membuka diri                         untuk berkenalan dengan yang lain mba...... aku harus menikah didunia 

                 Aku yakin Allah memberi jodoh jika waktunya tiba, walau umurku sudah

                 tidak muda lagi tapi aku yakin kun fayakun selalu ada, semua jika Allah

                 berkehendak akan terjadi, apalah artinya hitungan umur dimata Allah

                 semua mudah ditangannya.

                 Jadi mba Ira harus yakin......

 

Aku menjelaskan panjang lebar dan memberi semangat untuknya, karena kita sama

merasakan bagaimana rasanya menyandang perawan tua , itu julukan orang-orang disekitar kita.

          Tanggal 5 juli di tempat kerjaku diadakan Tour karyawan dan keluarga, kali ini adalah tahun yang menyedihkan untukku, hati terasa kosong seperti layang-layang putus dan aku berharap di Tour ini hatiku terhibur.

Aku pergi di gelombang pertama dan tujuan kita tour ke pantai Jaya Ancol Jakarta.

          Pagi-pagi sekitar jam 8.30 pagi beberapa bis menuju ke pantai Jaya ancol, seperti biasa didalam bis terdengar suara kegembiraan dari teman-temanku dengan diiringi lagu-lagu karoeke tapi beda dengan yang sudah menikah sebagian besar mereka sibuk dengan anak dan istrinya atau mungkin mereka tidak enak dengan istri mereka sepertinya sungkan he he he

          Aku sesekali tersenyum melihat ulah para single atau para suami yang keluar-ganya tidak ikut. Tapi kenapa hatiku masih saja terasa hampa......

Aku berusaha tersenyum dan gembira...... semangat Tuti, kamu harus bangun kata orang jika kita disakiti sama orang pria maka obatnya juga pria, maksud disini jika menemukan pengganti maka akan bisa melupakan. Sudah tentu ini tidak mudah sebab masalah hati bukan seperti beli pisang goreng begitu mau langsung dapat tapi paling tidak berusaha dan membuka hati pada pria lain siapa tahu cocok.      Semangat !!!! 

 

 

 

  

                          

 

 

 

 

 

 

 


 
 
posté le 07-07-2020 à 22:24:39

SENDIRI LAGI

          Aku berusaha tegar setelah putus dengan si country road, walau sudah berusaha

menutupinya tetap saja teman-temanku tahu. Benar kata orang  "  MATA ADALAH JENDELA HATI " dari sini terlihat sedih, kecewa, gembira,cinta dll.

Tentu saja semua kuceritakan pada pak Ahmad ketika berkunjung ke mess untuk theraphy yang biasa aku lakukan setiap bulannya.

Aku bersyukur ada tempat minta pendapat dan nasehat dari orang yang lebih tua dan banyak pengalaman.

          : - Padahal aku sudah kursus bhs. Perancis dan beli tas koper pak. Kataku                       pada pak Ahmad dengan kesedihan yang mendalam.

 

          :-  Nanti juga kepakai bu.... enggak usah kuatir. Katanya sambil tersenyum                     dengan santainya.

 

Bagaimana mungkin aku akan kesana , sementara aku sudah putus dengan si country road, tapi kata-kata pak Ahmad hanya aku jawab dengan aamiin..... sebab aku yakin Allah akan mempunyai rencana yang terbaik buatku.

          Hari-hari berjalan sepi dan aku tetap seperti biasa menjawab surat-surat teman sahabat pena tapi sekarang bedanya tidak ada surat spesial yang aku tunggu-tunggu, yang membuat hatiku berdebar-debar serta berbunga-bunga.

Semuanya serasa sudah musnah , hanya disetiap doaku ketika selesai sholat aku mohon pada Allah .

           : -  Yacchhhh....... Allah jika dia  memang jodohku maka dekatkan dia padaku dalam  bentuk yang baru tapi jika dia bukan jodohku maka datangkanlah orang lain yang lebih baik menurutmu bukan menurutku, aamiin...

 

Aku berdoa seperti itu karena Allah tahu yang terbaik buatku, jadi aku pasrahkan padanya. Kadang kita berpikir menurut kita baik tapi tidak baik menurut Allah, jadi

jika doa kita dikabulkan ada kemungkinan .

             - Allah sedang menguji sampai dimana kesabaran kita.

             - Bisa jadi dikabulkan tapi ditunda dulu untuk kebaikan kita nantinya.

             - Tidak dikabulkan karena tidak baik untuk kita , ini berarti Allah sayang

                dan akan digantikan dengan yang terbaik. 

 

Aku sering berdiskusi dengan pak Ahmad dan darinya aku disarankan agar aku banyak bersedekah serta mengeluarkan zakat penghasilan 2,5 % dari penghasilan bersih untuk orang miskin, alhamdulillahhh.. akhirnya aku bisa melaksanakannya.

          Hidupku mulai terasa jemu,hampa dan kosong , pokoknya selalu galau .

Ternyata berhasil dalam karir tidak menjamin hidup kita bahagia, aku butuh seorang pendamping untuk menghabiskan sisa hidupku.

Dihari tua nanti aku bagaimana .....?  Sementara aku sudah pensiun otomatis tidak ada lagi penghasilan, bagaimana hidupku selanjutnya....... yang jelas aku tidak ingin mengganggu keluarga adik-adikku maupun keluarga masku dan juga tidak mungkin ibuku hidup selamanya. Membayangkan semua itu serasa gelap masa depanku, beda jika aku punya pendamping hidup maka aku bisa mengisi hari tua dengan suami dan keluargaku. Pikiran itu selalu terlintas disetiap malam sehingga membuat aku susah tidur , ini benar-benar membuat aku tersiksa.

          Ada beberapa teman kerjaku juga belum menikah, seperti mba Ani,mba Ira, mba Eha , mereka sudah mulai gelisah  terutama mba Ani dan mba Ira  mereka selalu curhat padaku padahal mereka umurnya beberapa tahun dibawahku bagaimana denganku.......

Manager umum pernah bilang dihari ulang tahunku karena aku tetap sendiri.

          : - Selamat ulang tahun, mba Tuti harus ikhlas ditakdirkan sendiri, tanpa 

               menikah.

Hatiku langsung deg......ohhhh tidak ada dalam kamusku kata menyerah, karena aku yakin aku akan menikah suatu hari nanti, prinsipku berusaha dan berdoa.

          : - Terima kasih bu......

Sambil tersenyum kearahnya walau sejujurnya aku tersinggung, sudah jadi rahasia umum bagaimana watak manager umum.

 

       

                 

 

 

 

 

  

 

 

 


 
 
posté le 02-07-2020 à 21:08:16

          Kata mbah sengaja dijual dengan orang yang sudah kenal dengan harapan walaupun sudah dijual mbah masih bisa tinggal dirumahnya sampai mbah meninggal.

Uang hasil jual rumah dibagi kepada empat anak kandung dan satu anak adopsi mbah yaitu Neni yang tinggal di Semarang.

Sisa uang dari pembagiannya untuk mbah dan dimasukkan ditabungan mbah untuk tambah biaya hidup .

Kalau dipikir harga rumah yang mbah jual agak murah tapi enggak apa kata mbah yang penting mbah tenang jika Allah memanggilnya kata mbah sudah siap dan tidak ada beban lagi , tahu sendiri kadang dalam keluarga bisa berantam hanya karena berebut warisan.

 

         Aku lanjutkan lagi perjalananku di Jogyakarta, setelah aku ziarah di makam KH Mlangi dan tak lupa aku beli oleh-oleh ciri khas makanan Jogyakarta seperti Bakpia , wingko babat,klanting,gula kacang dll sambil jalan-jalan di Malioboro yang terkenal.

Esok harinya aku kembali lagi ke Bogor tentu saja aku naik bis karena langsung turun di Bogor jadi lebih mudah dibandingkan naik kereta api.

Perjalan singkat hanya beberapa hari tapi cukup menyenangkan bisa berkunjung ke keluarga juga.

          Kursus bahasa Perancis akhirnya selesai juga , walau cuman tingkat dasar tapi lumayan untuk pengenalan dan aku mendapat certifikat.

Semuanya aku lakukan untuk persiapan jika aku pergi ke Perancis, aku juga sudah membeli tas koper kecil untuk.

         Bulan berganti bulan dan pada akhirnya berganti tahun 2009 surat belasan dari si country road belum juga ada hingga diulang tahunku belum juga aku terima, biasa setiap ulang tahun aku sering mendapat kartu ucapan darinya, ada apakah gerangan ........ berbagai pertanyaan dibenakku, apakah suratku yang dahulu tidak sampai ? 

Aku menulis surat kembali  sambil menanyakan tentang suratku dahulu apakah dia menerimanya sebab hingga kini aku belum menerima balasannya.

Harapanku masih belum sirna siapa tahu disurat ini aku akan menerima balasan dari-nya tapi ternyata sama saja berbulan-bulan kutunggu-tunggu balasan tidak kunjung datang . Berbagai mimpi buruk hadir dalam mimpiku... ada apakah gerangan ini ? 

Seakan-akan ini pertanda hubunganku berakhir dan jika hubungan surat terputus maka tidak ada lagi lainnya, untuk email aku sudah pernah coba ternyata banyak errornya. 

          Hingga akhirnya....... ketika lewat tengah malam aku terkejut dibangunkan suara handphone, aku bangun dan melihat dilayar handphone  tertera pesan email dari si country road, ini serasa bagaikan mimpi dengan rasa bahagia aku segera membukanya dan membacanya, tapi  ........apakah aku salah baca ? keringat 

dingin membasahi tubuhku. Aku mencoba membacanya berulang-ulang.............. benar ini benar............ aku tidak salah baca, airmataku langsung jatuh dipipi dan serasa disambar petir.                                                                                                       Inti dari emailnya : Dia tertarik pada seorang gadis dan  mengakhiri hubungan kita, badanku serasa lemah.......... lalu perlahan-lahan aku keluar menuju kamar mandi serta mengambil wudhu untuk sholat Tahajud .

Aku hanya bisa mengadu kepada Allah dan minta dikuatkan menghadapi semuai ini.

          : - yacchh....... Allah cobaan ini begitu berat untukku , kuatkankan hati ini 

               menghadapinya. 

 

Aku berusaha tidur tapi susah sekali mata ini dipenjamkan, yang ada rasa sakit hati ini tak terkira, putus sudah harapanku akankah aku tetap hidup dalam kesendirian.

Allah masih mencoba berapa besar kesabaranku dalam menghadapi hidup ini, semoga aku bisa melaluinya yaaachhhhh... Allah. aamiin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 
 
 

Ajouter un commentaire

Pseudo : Réserve ton pseudo ici
Email :
Site :
Commentaire :

Smileys

 
 
 
Rappel article