Otobiografi

Hidupku

posté le 07-11-2020 à 18:03:48

          Aku cepat-cepat kembali ke kantorku yang letaknya dekat kebun buah-buahan, masih banyak yang harus aku lakukan dengan pekerjaan yang tertunda.

Tak terasa sebentar lagi jam kerja selesai tapi oohhhhh ....... aku ingat dengan bapak bagaimana khabar bapakku tersayang ? apakah bertambah sehat ?

Segera aku menghubungi telp rumah bapak.... kebetulan yang mengangkat telpon beliau sendiri.

          : - Hallo....... suara bapak disana; kedengerannya agak sehat tidak loyo.

          : - Assalamualaikum pak ? bapak agak mendingan rasanya ?

          : - Alhamdulillahhh....... sudah mendingan Tik.

          : - Alhamdulillahhhh........ senang aku dengarnya pak, banyak makan yaccch..

               pak, agar tambah sehat jadi bapak bisa melihat aku nikah,doain tahun                      depan nikah pak. Kataku dengan semangat.

          : - Aamiin...... bapak doain untukmu, udah yachhh Tik, bapak mau makan                      dulu.

          : - Iyaaaaa pak....... asalamualaikum. 

          : - Waailaikumussalam....... Jawab bapak , kudengar gagang telpon ditutup.

Aku bahagia mendengar bapak sudah agak sehat, sebentar lagi jam pulang kerja serasa aku ingin segera menemui kekasih pujaan . 

Kulirik jam tanganku, akhirnya.......... tiba jam 5.00 waktunya pulang dengan semangat aku menuju scan untuk absen, aku berjalan ke pintu gerbang Area untuk menuju ke Bogor inn .  Hanya menunggu sebentar ojek menghampiriku,langsung ojek meluncur menuju arah masjid Kuba tempat biasa pangkalan ojek dan biasa aku naik angkot 05 . Hanya dalam beberapa menit aku sudah tiba di Bogor inn, disana si country road sudah siap karena kita janji akan jalan-jalan ke Trade Mall dan makan disana.

         Tanpa tunggu lama kita langsung naik angkot 05 menuju Trade Mall ketika turun dari angkot kudengar handphoneku berdering dan bergetar tas kubuka..... ternyata telpon dari Ririn .

            : - Assalamualaikum  .....Kudengar suara Ririn agak bergetar.

            : - Mba..... bapak meninggal tadi jam 3.00 

            : - Apa ..... Rin ? Bapak meninggal ? Tadi aku ngobrol sama bapak.

                 Kataku serasa tidak percaya, bukan tadi bapak bilang sudah agak sehat

                 tapi ternyata sekarang sudah meninggal... ini benar-benar berita yang

                 mengejutkan. Lalu kudengar telpon ditutup disana.

 

Air mataku langsung mengalir dipipi, seakan tak percaya bapak telah tiada padahal belum lama aku berbicara dengan bapak. Jadi sehatnya bapak hanya untuk menye -nangkan untuk keuarga yang akan ditinggalkan.

          Aku ceritakan tentang meninggalnya bapak pada si country road, air mata tetap mengalir tanpa aku bisa tahan. Aku berkata pada si dia tetap ke Trade Mall  karena hanya itu yang bisa aku perbuat, si dia hanya bisa memandangku tanpa bisa berbuat apa. Lalu dia menggandeng tanganku untuk menyebrang jalan ke arah Trade Mall dan aku menuju mushollah di Mall untuk sholat magrib sedang dia menunggu diluar mushollah.

          Setelah sholat kita melanjutkan lihat-lihat di mall, walaupun begitu aku tetap tidak bisa menyembunyikan rasa sedihku. Beruntung si country road  sempat bertemu dan berbicara dengannya, kiranya ketika berpamitan itu pesan terakhir bapak yang disampaikan pada si country road.

Aku jadi ingat ketika aku dikamar bapak, aku bilang ke ibu agar nanti jendala kamar bapak dibuka agar hawa segar masuk, tapi ketika yang ada dibenakku pada waktu itu burung akan keluar dari kamar........ kiranya..... ternyata itu firasat.

           Tidak lama kita disana, setelah makan kita memutuskan pulang ke penginapan beberapa menit kemudian Edi datang menemui kita, Edi berencana pulang ke Curup untuk hadir ke acara pemakaman bapak, pertama aku dan si country road akan ikut tapi hari kamis siang si country harus pulang pe Perancis, jika ikut ke curup itu tidak mungkin khan tahu sendiri kadang penerbangan terlambat bisa kacau..... bisa-bisa ketinggalan pesawat pulang ke Perancis. Akhirnya dengan rundingan Edi serta keluarga di Curup diputuskan hanya Edi yang berangkat ke Curup , untuk beli tiketnya si country road berbaik hati membelikan tiket untuk Edi .

Kata ibu lebih baik aku fokus untuk si country road pulang kasihan kalau si country road pung sendiri takut nyasar , aku tidak hadir tidak apa tochh... aku sudah ketemu sama bapak sebelum beliau meninggal. 

Aku pikir benar juga pendapat ibuku...... ibuku yang bijaksana, love you mum.

 

 

  

 

             

 

 

 

 

 


 
 
posté le 04-11-2020 à 19:07:08

           Mobil sampai di Cipanas, dari Cipanas perjalan kita lanjutkan ke Taman Bunga dengan naik angkot. Badan Cukup pegel juga untung kita tadi bukan jalan normal kalau kalan normal yakin belum sampai.

Tiket masuk ke Taman langsung aku beli , begitu masuk ke taman hmmmm..............

hawa segar masuk terasa nyaman belum banyak pengunjung yang datang, kuhirup hawa segar dan wangi bunga-bunga yang sedang mekar serta rumput hijau bagaikan hamparan permadani....... kita menuju taman Perancis,Taman bermain anak, Jam taman..... sambil  jalan bergandengan tangan kita memandang bunga-bunga yang indah seperti dalam film saja ...... romantisss.....

          Semakin lama pengunjung banyak yang datang, kulihat rombongan sedang berkumpul ditanah lapang sambil mengadakan berbagai acara, gelak tertawa menam-bah meriahnya acara mereka.

          Aku dan si dia melanjutkan ke Air Mancur bernyanyi, aku mengambil photo si dia dan kita membuat video bersama. Kelihatannya si dia sangat menikmati suasan hawa pegunungan, sambil menggut-manggut dia menikmati irama lagu diiringin muncratnya air. Irama lagu disesuaikan dengan muncratnya air maka dari itu dinamakan Air Mancur bernyanyi.

          Setelah puas melihat-lihat dan istirahat sebentar serta makan siang di kantin yang ada disana, kita memutuskan pulang.

Perjalanan pulang lebih santai , tapi seperti biasa masih terganggu dengan macet sehingga tiba di terminal Branang siang malam serta disambut dengan hujan deras.

Cepat-cepat kita mencari tempat berteduh, kita mendapat tempat berteduh di halte terminal Damri disamping Botaniq Squere, lumayan sambil menunggu hujan reda.

          Aku melihat jam tanganku, waktu mendekati jam 9.00 malam aku mulai panik, tapi aku berusaha untuk tidak tampak. Hujan deras dan pentir belum juga berhenti, bagaimana jika hujan sampai tengah malam dan tidak ada angkot 05 lagi.

Jika aku nginap dipenginapan bukan satu kamar dengan si dia lho... pastinya besok di kantor akan jadi godip hangat, apa lagi disana ada ratu gosip si usil yang selalu ingin tahu segala urusan orang.Tapi bagaimana jika ada angkot 05 tapi tidak ada ojek OOOOOhhhh aku ada ide ..... jalan satu-satunya tidur dirumah Dewi, itu jalan yang paling aman.

           Alhamdulillahhhh..; disa'at aku sedang bingung hujan deras mulai berhenti tapi masih hujan rintik, jam menunjukkan jam 9.30 malam. Dengan berlari kecil kita berlari menuju Tugu Kujang tempat berhentinya angkot 05.

Disana masih banyak lewat 05 walau hampir penuh masih ada tempat untuk kita berdua. Aku hanya singgah sebentar di Bogor inn karena aku harus segera kembali tugas malam sudah menanti walau sudah larut malam aku tetap melaksanakan tugas seperti biasa, beruntung hujan sudah berhenti dan perjalanan lancar tanpa halangan.

          Tugas malam pertama setelah pulang dari Curup, dilanjutkan ke Taman Bunga  Aku ingin membuart si country road berkesan dengan kunjungan ke Indonesia yang pertama kalinya. Besok pagi hari Rabu awal pertama aku bekerja lagi, tapi kali ini pikiran tidak konsentrasi penuh kepekerjaan karena si dia masih di Indonesia dan sendiri di penginapan untung ada Laptopku disana.

          Ketika aku ke kantor pusat , aku ditanya berbagai macam pertanyaan terutama si usil yang ingin tahu ceritaku selama di Curup dan seperti biasa nanti akan jadi bahan pembicaraan disertai opini menurut dia, biasanya opini yang negatif untuk orang yang tidak disukai.  Walau didepanku dia baik tapi dibelakangku sudah bisa ditebak susah kalau sifat iri dan tidak mau dikalahkan serta merasa hanya dia yang paling unggul. Aku tahunya dari temanku yang jadi asisstennya tak heran selama si country road di Indonesia banyak gosip aku sampai ketelinga, serasa telinga panas.

Beginilah kalau jadi orang terkenal jadi bahan gosip , ini cara menghibur diri .........

Ini yang membuat aku selama ini ingin berhenti berkerja tapi tapi kometmenku akan berhenti jika aku menikah dan si usil sudah tahu itu.

           Bukan aku saja yang mengalami , teman-temanku yang sudah berhenti mengalami yang sama. Ini benar-benar merupakan beban bagiku, kadang aku bosan dengan keadaan ini... cepatlah aku menikah dan aku langsung keluar dari sini dan mengucapkan good bye untuk si usil. 

 

 

  

 

 

 

            

 

 


 
 
posté le 29-10-2020 à 19:37:07

          Jam 09.00 pagi kita sudah bersiap-siap akan berangkat ke airport Bengkulu, kita menunggu mobil jemputan yang khusus ke Bengkulu dan ke Airport.

Kali ini bapak bangun dari tempat tidur dan sengaja duduk  ditemani om , mas Nano  dan Edi di depan Warung, warung sudah dibuka dan ada beberapa pengunjung untuk makan. 

           Sebelum mobil jemputan tiba aku dan si country road berphoto, beberapa menit  kemudian mobil jemputan  datang. Aku, si country road,om dan Edi berpamitan sekeluarga . Ada pembicaraan di warung antara mba Tari (istri mas Nano) dan si country road .   

           : -  i'm  in my country no rich (Saya kalau di negara saya  bukan orang kaya )

                 katanya. 

           : -  Beres nanti saya kasih duit . Kata mba Tari sambil tertawa. Kiranya mba 

                 Tari mengerti apa yang dikatakan dan akhirnya mereka tertawa terbahak-

                  terbahak. Aku melihatnya ikutan tertawa.

           : -  Cepatan nikah....... Kata mba Tari lagi.

           : -  Next year .....(tahun depan) . Jawab si country road.

 

Sekarang kita ada di dalam mobil, tadi ketika berpamitan dan bersalaman bapak sempat mengatakan sesuatu kepada si country road, mungkin pesan titip anak perempuannya yaitu aku agar segera menikah itu yang sempat kudengar sepintas.

Pesawat berangkat jam 15.00 , sengaja kita berangkat lebih awal agar tidak terlambat alias ketinggalan pesawat.

Lumayan lama kita menunggu di Airport tapi tidak apa, aku merasakan liburan kali ini sangat menyenangkan kelihatan bapak agak segar dan agak sehat . Tadi malam om dan si country road dapat batik bengkulu dari adikku indah. 

           Hanya dalam waktu satu jam setengah pasawat mendarat di airport Jakarta, om naik bis Damri, aku, si country road dan Edi naik Damri yang arah Bogor tapi Edi turun di Cibinong sedang aku dan si dia langsung ke Bogor.

Kita langsung ke penginapan , si country road sekarang di bongalow di Bogor inn.

Hanya dalam beberapa menit aku disana langsung pulang ke mess, besok aku masih ada cuti satu hari lagi dan aku akan manfa'atkan ke Taman Bunga Nusantara di Puncak Bogor. 

           Dengan kendaraan umum aku dan si dia ke Taman Bunga Nusantara, entah kenapa susah sekali kita mendapatkan Bis besar . Biasanya Bis besar  arah Pelabuhan Ratu di Branang siang banyak tapi kali ini susah kita menemukannya bis yang sudah banyak penumpangnya, rata-rata bis besar masih kosong, hanya ada mobil travel mini bis yang hampir penuh. Dengan tergesa-gesa kita menghampiri, ternyata lumayan penuh sehingga kita duduk berdempet-dempetan.

           Mobil melaju meninggalkan kota Bogor yang begitu ramai,melewati Cisarua terkenal dengan macetnya terutama sabtu dan minggu lalu dilanjutkan arah sukabumi tapi  entah kenapa kali ini kita terjabak macet sehingga mobil berjalan seperti keong padahal hari ini bukan hari sabtu maupun hari minggu, kalau begini situasinya kapan kita sampai.........

           : - Kalau begini caranya kapan sampai, lelet kayak keong . Kata si sopir 

                menggerutu , jengkel melihat jalan macet.

           : - Cari jalan pintas mang........ spontan salah satu penumpang yang ada 

                dibelakang.

           : - Setuju........ ! Jawab yang lain.

                Aku tersenyum mendengar coletahan mereka, yachhhh .. wajar mereka 

                mungkin sudah tidak sabar ingin bertemu dengan keluarga, ada yang pu-

                nya janji juga dan aku juga tak sabar ingin cepat sampai ke taman bunga

                menghirup hawa segar dipagi hari dikelilingi bermekaran bunga-bunga 

                berdua dengan si dia bagaikan didalam film India he .... he .... he......

                Untuk mang sopir tentu saja waktu adalah uang, jadi bisa berkali-kali 

                mengangkut penumpang.

           : - Ok...! action...! dengan logat sunda yang kental. 

 

Mobil berbelok menjauhi jalan raya menuju jalan pintas melewati perkampungan dan rumah-rumah warga, belok kanan...... belok kiri; jalan berbatu..; jalan beraspal semua kita lewati dengan gembira, walau kadang ketika berbelok badan kita condong ke penumpang lain dan bagian bawah kursu sebagai pegangan.

Ini supir kelihatannya sudah pengalaman dan tahu banyak jalan pintas............. salut mang supir, tapi harus hati-hati mang.

 

 

  

  

 

 

           

 


 
 
posté le 24-10-2020 à 19:58:47

          Malam ini aku dan si country road tidur dirumah adikku Ririn di Prumnas, kata ibu agar adil tidur di rumah adikku yang bungsu Indah satu malam dan di rumah Ririn satu malam. Bahagianya aku memiliki ibu yang sangat bijaksana, walaupun aku tidak sepenuhnya tidur dirumah orang tuaku, setibanya dirumah aku selalu menyem-pat diri menengok ke kamar bapak yang sedang sakit, kulihat bapak lebih sering tidur ketika aku masuk ke kamar beliau.

          Aku dan si country road dijemput Heri dengan mobilnya, kalau kita yang datang kesana dijamin nyasar he ... he .. he.. maklum aku lebih banyak merantau daripada di Curup, sehingga aku tidak tahu mendetail kota Curup.

          Disana kita sudah dipersiapkan jamuan, setelah makan malam langsung ngobrol di meja dengan Denni,tunangannya yaitu Indri, Tyo,Ririn. 

Obrolan kita begitu seru dengan diselingi gelak tawa dengan sesekali Heri nimbrung

pembicaraan kita dengan tingkahnya yang khas dan begitu juga dengan Ririn walau tidak berbahasa inggris namun bisa mengimbangi pembicaraan si country road... ini yang membuat percakapan semakin hangat karena lucu..... kelihatannya Ririn dan si country road cocok dalam percakapan walau sama-sama tidak mengerti.

Intinya keluargaku klop dalam dengan si country road, walau tidak semua anggota keluarga bisa berbahasa inggris itu bukan halangan untuk mereka , yang penting nyambung.....Lama juga asik bercakap-cakap, lalu kita ke ruangan atas dari sana aku dan country road bisa melihat situasi dibawah dengan suasana yang sepi .

          Tengah malam akhirnya kita semua tidur, aku tidur di kamar atas dan si dia tidur di kamar bawah.

           Pagi harinya aku dan si dia keliling prumnas untuk jalan-jalan pagi, kulihat sebagian rumah masih tutup, jalan pagi dengan hawa yang segar serta ditemani pacar sesuatu yang mengasikkan, hari serasa cepat berlalu kapan lagi aku bisa merasakan jalan berdua seperti ini jika dia kembali lagi ke negaranya , acchhhh..... aku tidak ingin memikirkannya... yang penting sekarang aku bahagia dan impianku selama ini ketemu langsung bisa terwujud, alhamdulillahhhh...............rasa syukur tak henti-hentinya aku panjatkan kepada Allah.

Sesudah sarapan kita pulang dengan diantar Heri dan Ririn sambil mereka berangkat kerja, ini hal biasa mereka lakukan selalu mampir kerumah orang tua begitu juga bila pulang dari kerja selalu mampir dulu kerumah orang tua. 

            Waktunya untuk beli oleh-oleh , besok pagi aku, si country road, Edi dan om Wahban akan kembali ke Jakarta. Kita naik pesawat yang siang.

Disebalah rumah orang tuaku selisih tiga rumah ada toko jual makanan untuk oleh-oleh traditional makanan Bengkulu.

Rumah orang tuaku tempat strategis, mau apapun dekat seperti kantor post, Bank, Mini Market,Restaurant dll. maklum termasuk pusat kota. 

            Kelihatannya om sangat bahagia dan puas bernostalgia dengan bapak ,      walau tidak banyak bicara karena sakit tapi mereka puas bisa ketemu.

            Malam terakhir di Curup aku, si country road,Indah, Tami dan temanku Marina serta anaknya; kita semua duduk di depan rumah sambil makan martabak manis serta secangkir kopi untuk si country road.

Kita asik mengobrol sambil melihat orang hilir mudik dijalan, ada yang jalan, naik motor,mobil dll.

Semua barang-barang yang akan aku bawa besok sudah aku siapkan, jadi sore ini aku santai. Jam 21.00 Marina dan anaknya pulang , temanku Marina selalu datang menemuiku jika aku berlibur ke rumah orang tuaku. 

Begitu ketemu dia sudah siap dengan berbagai cerita dan pertanyaan, terutama arti mimpi. Begitulah dia jika bertemu denganku ada saja bahan cerita sehingga kita klop jika berbicara. Tapi kali ini dia tidak punya banyak kesempatan cerita dan bertanya dikarenakan disebelahku ada si country road yang mengelus-elus lenganku tanpa mengerti apa yang sedang kita bicarakan dengan sesekali aku menjadi penterjemah agar dia tidak merasa dicuekin.

            Selamat malam yachhhh sobatku, semoga tahun depan kita bertemu lagi semoga tambah sukses itu yang selalu aku ucapkan pada sobatku itu dikala berpamitan. Good night every body ...... si country road tidur dikamarnya, om Wahban di kamar depan, aku tidur dengan ibuku serta indah dan ponakan kecil-kecil di depan TV. See u tomorrow...... 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 
 
 

Ajouter un commentaire

Pseudo : Réserve ton pseudo ici
Email :
Site :
Commentaire :

Smileys

 
 
 
Rappel article