VEF Blog

Titre du blog : Otobiografi
Auteur : Tutisunaryati
Date de création : 07-06-2018
 
posté le 03-08-2020 à 22:34:30

SELAMAT JALAN MBAH IDA

           Orang yang sangat mendukung hubunganku denga si country road yaitu mbah Ida, beliau selalu memberi suport padaku dan selalu mengharap si country road datang ke Indonesia serta mendoakan agar datang.

           Aku sering komunikasi dengan mbah via telpon, mbah Ida walau usia sudah sangat tua tapi tidak mau diam kalau pagi selalu datang ke rumah orang tuaku dengan jalan pelan-pelan tanpa bantuan karena mbah tidak mau dibantu, lalu minta disiapkan air hangat , memasukkan sendok dan garpu untuk jualan kedalam baskom yang berisi air hangat kemudian sambil duduk mengelap sendok dan garpu.

Beliau sangat menikmatinya dan sesudahnya kembali lagi ke rumah, beruntung rumah mbah hanya bersebelahan. 

Itu yang aku lihat ketika aku pulang ke Curup untuk mengunjungi orang tuaku, tapi kali ini aku mendapat telpon yang meminta pulang ke Curup dikarenakan mbah Ida sakit.

Mbah ingin ketemu aku kata bapak via telpon , aku punya perasaan jangan-jangan ini merupakan pertemuan terakhir  dengan mbah Ida.

           Aku minta cuti seminggu untuk pulang ke Curup , dengan  pesawat Sriwijaya aku tiba di Bengkulu dan dengan mobil umum antar jemput bandara yang sebelumnya aku pesan via telpon,  ketika aku tiba di bandara Fatmawati Bengkulu mobil sudah menungggu. Didalam sudah ada beberapa penumpang dan setelah penumpang penuh  mobil berangkat menuju Curup, kota kecil yang dikelilingi pegunungan serta berhawa sejuk. Disana menunggu mbah Ida yang sedang sakit dan menunggu kedatanganku. Jalan yang berliku-liku naik turun di pegunungan, jurang, sungai dan hutan antara Bengkulu - Curup sudah terlewati . Mobil mulai masuk daerah Curup dan penumpang satu per satu turun , tinggal aku serta beberapa orang lagi. Sekarang giliranku yang turun,  mobil tepat berhenti didepan rumah. 

Warung lotek ibu sudah tutup karena sudah sore , lalu bel aku pencet dan mas Nano  membukakan pintu, hawa sudah mulai terasa dingin.

Aku membawa barang-barang dibantu mas Nano  menuju ruang keluarga,aku cepat-cepat membongkar olah-oleh untuk  keluarga tak lupa aku keluarkan laptop , aku ingin videocall dengan si country road dan memperkenalkan keluarga serta mbah Ida agar beliau senang dan mengetahui pria yang dekat dengan diriku , yang selalu menjadi pembicaraan kita berdua.                                                                                    Badanku terasa lengket dan capek banget, ibu mendekati diriku.

           : - Tik... kalau mau mandi ambil air diatas tungku api... disana ada air panas.

                Kalau sudah mandi langsung temui mbahmu, dia ingin ketemu.

           : - Iyaa bu...   Jawabku.

 

Keluargaku masih masak  menggunakan Tungku api dan kompor, ibu masih takut menggunakan kompor gas. Padahal yang jual minyak tanah dan kayu sudah tidak banyak. Agak rumit menurutku kalau memakai Tungku api ketika api mati untuk me-nyalakan lagi kita harus meniupnya belum lagi dinding akan hitam tapi menurut se -bagian orang rasa masakannya akan lebih enak dari pada dimasak dengan kompor gas atau kompor listrik.

 

 

 

 

                                                   Tungku Api