VEF Blog

Titre du blog : Otobiografi
Auteur : Tutisunaryati
Date de création : 07-06-2018
 
posté le 14-01-2020 à 20:37:02

          Aku keliling mengitari Bogor Rest Area, kulihat banyak orang yang sedang beker-ja, ada yang sedang membersihkan Toilet, menyapu jalan lalu aku lanjutkan lagi langkahku menuju Pom Bensin, disana aku melihat orang yang sedang bekerja.

          Krekkkkkkkkek...... wadoouhhh ... perutku berbunyi ini bertanda waktunya untuk makan, lalu kakiku berbalik arah mencari warung karyawan hanya dalam waktu sekejap

aku menemukannya. Ternyata warungnya tidak jauh dengan kantor hanya dipisahkan jalan, lalu aku berjalan menuju jalan yang menurun dibawah pohon-pohon yang rindang dan berjejer pohon bambu kecil sepanjang jalan menurun disitulah terletak warung kar-

yawan berdinding papan dan disitu ada beberapa kursi plastik, kulihat banyak juga kar -yawan disana karena waktunya makan.

          Aku berdiri sambil melihat-lihat menu yang ada di etalase terbuat dari kaca, ku -perhatikan satu per satu ada kering tempe, telur bumbu balado, ikan tongkol goreng, telur asin dan lalapan ketimun.

          Beberapa orang disana memperhatikan aku dengan tatapan mata penasaran, ak-hirnya ada salah satu diantara mereka bertanya " Keponakan pak Wahban yacccc..... ?  kiranya dalam waktu singkat namaku sudah jadi bahan pembcaraan mereka wwooooo..

super he he he ..... " Iyaaaa....... " jawabku peda orang itu sambil tersenyum.

Lalu aku memilih makanan yang akan kumakan siang itu.

          Selesai makan aku melanjutkan keliling lagi melihat-lihat sambil menunggu jam kerja selesai karena tidak mungkin aku pulang sendiri ke Depok .                                 Aku melihat-lihat Restaurant Padang dan aku perhatikan gedung yang terbe -sar diantara yang lain, disana ada beberapa orang sedang bekerja.

          Tanpa terasa waktunya pulang, aku ikut mobil om dan didalam mobil om bila -kalau aku lulus dengan nilai yang memuaskan dan kata mereka aku pintar.

Besok aku akan di wawancara sama the big boss, semoga aku bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik aamiin.....

          Keesokan harinya aku menunggu di depan kantor  seperti kemarin, tak lama kemudian datanglah  seorang laki-laki berwajah tampan , berkulit putih bersih dan bermata agak sipit serta  berkemeja putih juga berpenampilan rapi kelihatannya orang tionghoa, kuperhatikan lagi  banyak orang bersikap hormat padanya, dengan langkah cepat dia berjalan menuju kedalam kantor.

          Aku masih di kursiku dan masih dalam posisi menunggu karena aku yakin tadi yang lewat itu the big boss, menunggu itu memang pekerjaan yang membosankan tapi aku tidak punya pilihan daripada nanti gagal wawancara lebih baik menunggu.

          Ternyata hasil menungguku tidak sia-sia dan saat diwawancara the big boss kelihatannya puas dengan semua jawabanku.

Aku positip diterima jadi karyawan dengan masa percobaan satu bulan, barang tentu selama satu bulan aku tidak terima gaji, tapi beruntung aku punya uang tabungan dari hasil kerjaku sebelumnya di Bengkulu.

          Dengan bantuan om , aku mendapat kost tidak jauh dari Rest Area malah di dekat pintu gerbang masuk karyawan, di kampung Bubulak.

          Aku ingat dengan diantar Tutut , aku menuju kontrakanku yang baru, rumah yang sederhana dan aku mengontrak satu kamar, kata yang punya rumah tadinya akan dijadikan warung, bagiku apapun rumahnya aku tidak jadi masalah yang penti-ng dekat dengan tempat kerjaku.

          Kamarku merangkap untuk tidur dan masak, ada tempat tidur lipat yang baru aku beli,kompor,mangkok,gelas dan piring cukup untuk makan satu orang.

          Aku mulai tercatat menjadi pegawai tanggal 9 Desember 1993 dengan gaji pertama Seratus ribu rupiah, kalau dilihat dari gajiku dahulu lebih besar ditempat yang  lama, tapi tak apa namanya juga gaji awal.

          Sebelum aku memulai pekerjaan sebagai kasir Restaurant Padang, aku selalu membantu di mini Market kepunyaan perusahaan yang akan buka nanti.

          Restaurant Padang sudah dibuka , hari sebelum dibuka aku dan partner kerjaku yaitu Adang sudah dilatih dengan menggunakan Mesin kasir ini benar-benar mele-lahkan harus mengingat kode makanan.

Ketika tiba waktunya, banyak pengunjung yang datang karena bertepatan hari minggu sore aku benar-benar keteter dikarenakan arus balik dari Puncak.

Untuk Adang enak......... karena dia laki-laki dia ditugaskan shift malam sampai pagi 

sementara aku dan Adang bekerja dua belas jam, jika nanti sudah berjalan lancar baru tiga shift dan kita hanya delapan jam kerja serta dapat libur.

          Beruntung aku disa'at aku sibuk Adang datang lebih awal sehingga dia bisa membantuku, akhirnya pengunjung berangsur-angsur berkurang dan aku bisa berna-pas lega, akhirnya aku pulang tidak sesuai dari jam yang ditentukan.

          Dengan langkah lunglai aku menuju pulang, kulihat di rumah pemilik rumah masih asik nonton tv dan setelah aku mengucapkan salam berbicara sebentar , aku minta izin ke kamarku. Kiranya mereka kuatir karena aku pulang terlambat tapi setelah kujelaskan mereka mengerti.

          Pengalaman pekerjaan baru sebagai kasir di Restaurant, kali ini aku tambah ilmu lagi. Tarap pertama tarap penyesuaian pekerjaan dan sudah tentu akan banyak rintangan, tapi aku harus kuat tidak boleh menyerah