VEF Blog

Titre du blog : Otobiografi
Auteur : Tutisunaryati
Date de création : 07-06-2018
 
posté le 26-11-2019 à 22:26:47

           Di Pasar satu hari sebelum Hari Raya Idul Fitri sangat ramai, seperti biasa banyak orang membeli klontong ketupat ,daging,kelapa,ayam dll.

           Di Indonesia ketika hari Raya selalu indentik dengan Ketupat , biasanya ketupat dimakan dengan Rendang,Opor ayam,Gulai buncis.  Kalau di jakarta ciri khasnya ketupat di makan dengan sambel godok pepaya campur kacang panjang.

           Emak pinter bikin klontong ketupat, aku dan Edi belajar buat klontong ketupat  dari emak, di keluargaku yang bisa buat hanya aku dan adikku Edi.  Asalkan ada daun Kelapa ingin rasanya aku buat sendiri, kali ini emak dan ibu beli klontong ketupat  yang sudah jadi , juga beli daun kelapa  sebab aku rindu untuk buat sendiri.  Masak Ketupat butuh waktu lama bisa lima jam lebih agar tanak dan tidak cepat basi.

          Emak bilang " Tik kalau ngisi ketupat jika berasnya pulen diukur setengahnya, tapi kalau beras perak dibawah setengah jadi nanti hasilnya bagus dan enak "  aku mendengarkan keterangan emak dengan sungguh-sungguh.

          Masku kurang suka ketupat, katanya kalau tidak makan nasi tidak mantap se-

dang yang namanya Idul Fitri kita hanya khusus makan ketupat sayur, akhirnya ibu memutuskan tetap masak nasi untuk masku.

Idul Fitri hari yang istimewa, para wanita sibuk didapur dan bapakku seperti biasa si-  buk membersihkan rumah, membersihkan kursi, menyiapkan bunga-bunga untuk di- pasang di ruang tamu. Malam takbiran yang ditunggu-tunggu datang juga aku dan

bapak masih sibuk mengganti hordeng jendela dan pintu, seperti biasa bapak selalu beli yang baru dan untuk warna selalu minta pendapatku.

         Besok paginya aku dan keluarga melaksanakan sholat  Idul Fitri di  Lapangan  

Setia Negara, untuk yang pria mereka sholat terpisah di depan wanita , si kecl Denni ikut sholat dengan papanya dan kakeknya yaitu bapakku.

        Setelah sholat Idul Fitri kita langsung ngumpul di rumah mbah dan kita mengadakan sungkem, yaitu mohon maaf setelah itu kita saling maaf mema'afkan.

Jika sudah sungkem di rumah mbah kita pulang dan kita ganti baju dan kita semua punya acara masing-masing, seperti Ririn dan suaminya serta anaknya pergi ke Jalan baru ke rumah orang tua suaminya dan aku di rumah saja sebab aku belum nikah.

Paling aku dan Mis duduk di depan rumah lihat orang lalu lalang dengan pakaian ber- aneka ragam dan berwarna-warni serta melihat mereka bahagia menyambut Hari Raya.

        Tanpa terasa liburanku selesai dan aku harus kembali ke Bengkulu untuk bekerja , hari serasa cepat berlalu.....

 

 

                                                  Ketupat matang

 

 

                                                 Klontong  Ketupat