VEF Blog

Titre du blog : Otobiografi
Auteur : Tutisunaryati
Date de création : 07-06-2018
 
posté le 05-10-2019 à 07:59:13

          Rumah tempat kostku yang baru sederhana tapi nyaman, aku perhatikan ibu kostku keluarga yang harmonis.  Di rumah ibu kostku membuka warung kecil tapi agak lengkap. Warung kecil yang menjual kebutuhan sehari-hari.

          Ketika aku pamit dengan ibu kost yang lama, ibu kostku bertanya kenapa aku pindah, dengan dalih aku mau pulang ke Bengkulu karena mau ikut Ujian Negara tapi pengikutnya belum banyak jadi aku memutuskan pulang saja, akhirnya ibu kostku  mengerti dengan alasanku.

          Ditempat kostku yang baru aku mendapat kenyamanan, kadang aku pergi ke pasar untuk beli jajanan pasar atau beli nasi urap  karena jalan kaki hanya  5 menit, pokoknya menyenangkan .

          Anak ibu kostku yang bekerja di Batam pulang , dia orangnya ramah dan baik seperti ibunya , aku sering berdiskusi dengannya karena dia orang yang menyenang dalam diajak berdiskusi. Anak ibu kost tiga perempuan dan satu laki-laki.

          Seperti biasa yang mengunjungiku adikku kebetulan sahabatnya tinggal tidak jauh dari rumah tempat kostku namanya Kunto.   Anak ibu kostku yang baru pulang dari Batam namanya Ani, dia aktif di perkumpulan pemuda pemudi Cokrokusuman.

Aku tidak aktif dalam perkumpulan tapi ketika ada acara tour ke Pantai Gelagah Indah aku ikut, Pantai Gelagah Indah lumayan indah tapi kita bisa mendekat ke pantai jadi kita untuk melihat pantai cukup dari jauh karena ombaknya cukup besar , lumayan tinggi ombaknya dari jarak jauh suara ombak sudah terdengar  dan ketika melihat dengan mata kepala sendiri aku dibuat tercengang karena begitu tinggi ombak wwwoooooooo.... serram.

Aku cukup menikmati suasana disana walau tidak bisa bermain air di pantai hanya bisa memandang ombak dari jauh dan duduk di bawah pohon sambil menikmati jatah makanan dari panitia karena untuk ikut piknik kita membayar transport dan untuk makan siang.

         Cokrokusuman muda-mudinya aktif ,  seperti olah raga dan kegiatan lainnya  aku sungguh kagum .  Kali ini di malam tahun baru akan diadakan makan bersama kata Ani itu biasa yang dilakukan setiap malam tahun baru, aku terus terang belum pernah ikut kumpul-kumpul Malam Tahun Baru bersama anak muda seumurku dan Ani kali ini mengajakku, tanpa pikir panjang aku ikut karena aku ingin tahu kayak apa malam tahun baru. Malam itu kita kumpul di tetangga tidak jauh dari rumah, hanya selisih satu rumah posisi rumahnya dibelakang rumah kostku.

         Jam 8.00 malam kita berkumpul kita duduk diatas tikar ditemani teh hangat dan kopi hangat serta kacang rebus, gorengan, lumayan banyak muda -mudi yang kumpul disana , mereka asik ngobrol dengan bhs.  jawa aku tidak banyak ngobrol kecuali jika diajak ngobrol sama mereka , karena aku bingung apa yang harus aku obrolkan , walaupun demikian ada juga yang mengajakku untuk mengobrol dengan bhs. Indonesia , mereka mengira aku orang Sumatera padahal aku orang Jogya .

         Malam pergantian Tahun Baru tiba selamat tinggal  th 1987  selamat datang    th 1988 , kita saling mengucapkan setelah itu pemuda pergi ke dapur untuk tugas masak,anak perempuan malam ini jadi orang yang special tidak turun ke dapur kita tinggal makan, akhirnya menu tahun baru bikinan para pemuda selesai juga menu nasi goreng hmmmmm ... ternyata enak juga pada pintar bikin nasi goreng, acara makan selesai dan sekarang kita pergi ke Tugu , sebagian dari kita ada yang pulang dan sebagian yang ikut ke Tugu, kata mereka akan ada karnaval menyambut Tahun Baru aku yang belum pernah tentu saja penasaran seperti apakah itu. 

         Sesampainya disana disepanjang jalan dan dipinggir jalan sudah banyak  menunggu karnaval, suara trompet dimana-mana membuat suara ramai ditengah malam yang mendakati pagi. Akhirnya yang ditunggu tiba juga aku sempat terpana ternyata seperti ini tochhhh ....... acara malam Tahun Baru alias Malam Pergantian Tahun dan setelah Karnaval berlalu rombongan kita pulang aku dan Ani tentu saja diantar sampai rumah. Pengalaman yang tak pernah kulupakan.

         Aku tidak mau menganggur tanpa mengerjakan apa-apa untuk itu aku ikut kursus Komputer tingkat WS dasar dari Komputer, tempat kursusku lumayan jauh seperti biasa aku suka jalan sambil melihat-lihat sepanjang Jln. Malioboro. 

         Kursus berjalan lancar dan aku lulus serta mendapat sertifikat , aku senang sekarang aku banyak  punya sertifikat kursus , Sertifikat Bhs.  Inggris  tingkat Pre elementary &  tingkat Elementary, Sertifikat Tata Buku Bon A1,Sertifikat Mengetik dan Sertifikat Komputer tingkat Dasar,lumayan untuk nambah mencari pekerjaan.