VEF Blog

Titre du blog : Otobiografi
Auteur : Tutisunaryati
Date de création : 07-06-2018
 
posté le 28-09-2019 à 15:08:53

          Pagi ini tiba-tiba saja mba Tari  datang ke rumahku seperti biasa dia sharing mengenai hubungannya  dengan  seorang duda  yang punya anak satu dan dilarang sama keluarganya, akhirnya mba Tari minggat dari rumah . Seperti biasa aku memberi nasehat tapi aku tidak bisa berbuat apa-apa,katanya " Biarkan orang-orang pada bingung, tochhh .. mereka tidak tahu tempat kost mba Tuti " saya pengen mene-nangkan pikiran , saya sumpek di rumah " lanjutnya lagi.

          Akhirnya mba Tari di tempatku nginap di tempatku beberapa hari, selama di tempatku aku membicarakan tentang keluargaku dan kalau dia mau ku perkenalkan sama masku yang sedang patah hati di khianati pacarnya.

          Setelah beberapa hari kemudian mba Tari  pulang ke rumahnya  , seingatku kuberi alamat rumah orang tuaku agar mba Tari segera melupakan pacarnya sebab aku sejujurnya juga kurang suka dengan pacarnya walau aku belum pernah ketemu hanya mendengar cerita dari mba tari. Pada dasarnya naluri kedua orang tua lebih tajam dari anaknya yang sedah jatuh cinta.

          Semoga aja mba Tari dan masku berjodoh itu harapanku, pokoknya pertama aku hanya memberikan jalan selebihnya tergantung kepada mereka berdua.

          Setelah kedatangan  mba tari ke rumahku aku  tidak pernah lagi mendengar khabarnya, sebab dia tidak pernah datang lagi kerumahku.

          Mbah putri sangat baik padaku , dia sering memberi makanan sementara untuk kedua temanku dia kurang cocok.                                                                             Cucu perempuan mereka sering latihan menari di rumah mbahnya, dengan bangga mbah putri memperkenalkan cucunya yang pintar menari , cucu  mereka tinggal di Bantoel bersama kedua orang tuanya.                                                                 Mbah kakung dan mbah putri  termasuk  orang yang agamis jadi setiap hari minggu mereka selalu pergi ke gereja.

          Kalau untuk mbah kangkung ,dia genit dan begadang berjudi sampai pagi,itu yang membuatku rada tidak nyaman tapi apa boleh buat karena dekat dengan kampusku jadi aku tidak ada pilihan.

          Kedua temanku sesama kost cerita padaku kalau mbah kakung suka berbuat jahil sama mereka , si kakek tua kiranya sadang puber kesekian kalinya  he he he..  dan berbuat nakal ingin memeluk  kedua temenku,lalu mereka menjorokkan si kakek hingga terjerembab, mereka cerita sambil tertawa dan aku yang mendengar ikut  tertawa. Sebetulnya sichhh .. kasihan , tapi kalau melecehkan wanita yacchhh harus 

dilawan agar jera ,  kata mereka " Rasain dia... perlu dijorokin ndak tuman " kata mereka. ( ndak tuman artinya nanti kebiasaan).

          Aku masih seperti biasa selalu datang ke kampus bertanya tentang yang akan ikut Ujian Negara, ternyata  masih belum banyak yang ikut , akhirnya aku putuskan  untuk Kursus dari pada nganggur, lebih baik ikut Kursus Bhs. Inggris lagi .                           Aku mencari tempat kursus yang bagus di Britania Raya, untuk bisa diterima  aku harus mengikuti testing untuk menentukan tingkat  dan aku mendapat tingkat elementary.

          Walau tempatnya jauh dari Pojok Benteng Kulon tak apa, tochh aku bisa jalan sambil cari hawa segar alias cuci mata sepanjang jalan Malioboro, aku pikir daripada duitnya untuk transportasi lebih baik untuk makan.

          Adikku masih  sering  menengokku di tempat kost kadang minta uang untuk beli bensin motornya alasannya kiriman sudah habis kadang bilangnya pinjam, tapi seperti  biasa cuman  bilang pinjam dan  lagian aku ini orangnya tidak tega ,bagiku jika aku punya maka aku akan memberi walau aku harus hemat, tapi jika aku tidak punya uang aku tidak mau saudaraku tahu. Intinya aku harus hemat agar aku tidak kekurangan uang, aku tidak akan beli kalau itu tidak penting.

          Seperti biasa pak RT menganggap adikku itu pacarku , kali ini pak RT bicara langsung padaku karena aku suka main ke rumahnya disebabkan anaknya yang perempuan kuliah di salah satu universitas swasta  dan sering minta batuanku untuk menterjamahkan Bhs. Inggris ,sudah tentu aku suka sekali sehingga aku mendapat ilmu.  Kali ini aku jawab langsung ke pak RT kalau yang sering datang itu benar-benar adikku, " acchhhh .. saya tidak percaya.. ..saya lihat wajahnya lebih tua dari mba Tuti " katanya  tidak percaya " Benar pak..... dia benar-benar adikku, mungkin dia tinggi jadi kelihat lebih tua " aku berusaha meyakinkan pak  RT.  pada akhirnya  dia  percaya juga.

          Mbah putri seperti biasa baik padaku, sering memberi makanan dan pernah aku diajak ke rumah sakit menengok salah satu keluarganya yang sakit disana.

          Kalau mbah kakung terus terang aku tidak suka padanya setelah mendengar cerita kedua temanku ,jadi aku jaga jarak walaupun begitu aku masih menghormatinya selaku orang tua.

          Kedua temanku sudah  selesai Sekolahnya dan  mereka pulang ke Kampung halamannya di Baron, aku pernah ke kampung halaman mereka,  kita ke kebun jambu klutuk , kita puas makan disana karena itu khusus kebun jambu dan banyak muda-mudi kesana untuk pacaran.  Pacaran  sambil metik buah jambu  unik khan.. Kita bayar sebelum masuk kesana dan kita bisa makan jambu sepuasnya.