VEF Blog

Titre du blog : Otobiografi
Auteur : Tutisunaryati
Date de création : 07-06-2018
 
posté le 04-09-2019 à 18:22:09

          Aku senang murid-murid suka dengan mata pelajaran yang aku ajarkan,tahap pertama agar mereka suka sudah berhasil dan aku masih  harus banyak  lagi belajar  dalam berbagai hal, ini pengalaman  pertama aku bekerja , walau pekerjaan berbeda dengan bidang  kuliah yang kuambil  tidak apa , yang penting aku dapat pengalaman dan tentu saja yang utama dapat uang untuk biaya ikut Ujian Negara lagi.

          Ternyata jadi guru itu  menyenangkan tapi  kadang ada juga yang bikin bosan  walau aku mengajar tidak tiap hari ,hanya berdasarkan jadwal karena aku guru honor serta penghasilannya sesuai jam kerjaku jadi tidak banyak tapi lumayanlah untuk pe-ngalaman.   Yang bikin menyenangkan  kadang ada  anak murid yang bikin ulah lucu yang bikin aku tertawa, pernah aku memberi tugas Pekerjaan Rumah membuat surat dalam Bhs. Inggris yang ditujukan untuk teman atau diriku, setelah Pekerjaan rumah dikumpulkan dan aku baca satu persatu , ada salah satu murid membuat ditujukan untukku, dimanana  didalamnya ada kata  I LOVE YOU  itu membuatku tertawa membacanya, anak-anak tertawa mendengarnya ketika aku baca tentu saja aku tidak membaca nama yang membuatnya menjaga kode etik he he he .. aku bilang ke  anak didikku boleh kalian Love Love-an tapi jangan sekarang , nanti kalau sudah lulus dan kerja ..... kelaspun riuh dengan gelak ketawa mereka ........                                               Didalam dunia mengajar ternyata  ada persaingan sesama guru dalam memikat anak didiknya dan menjelekkan guru lainnya,memang itu sebenarnya tidak bagus  tapi  yang namanya manusia jadi yachhhh .. begitulah gurukan juga manusia biasa.

          Aku berusaha menjadi guru yang baik , harus memberi contoh yang baik baik dalam bertingkah maupun dalam berpakaian karena setiap tindak tandukku selalu diperhatikan, contohnya ketika aku berdiri didepan kelas menerangkan Pelajaran , semua mata dikelas memandangku dan memperhatikan dari atas sampai bawah,baik dandananku, rambutku  dll, pernah  aku pagi-pagi  rambutku dalam  keadaan  basah habis keramas ketika aku sampai dipintu gerbang salah satu muridku ada yang bergurau " Bu mandi wajib ya .... " wahhhh ternyata anak SMP sudah mengerti kebiasaan orang dewasa pikirku, untung aku tidak kehilangan akal untuk menjawab " Oooooohhhhhh........ iya wajib mandi "  jawabku  sambil tersenyum , akhirnya yang bersangkutan tertawa mendengar jawabanku.

Ada-ada saja anak-anak dengan kenakalannya pikirku sambil aku meneruskan langkahku menuju ruang guru.

          Selain aku mengajar  aku masih tetap  membantu emak di  warungnya ketika aku tidak ada jam mengajar.                                                                                             Surat menyurat dengan teman-teman sahabat penaku masih berjalan, hanya sahabat pena dalam negeri tidak lagi surat-suratku dari teman dalam negeri tidak dibalasnya dan dengan temanku dari Inggris juga sudah lama tidak pernah membalas surat-suratku tapi sebaliknya aku tambah banyak teman sahabat pena dari negara lain Polandia, India,temanku yang dari New Zealand adalah teman rutin kita selalu balas membalas surat. Pak Pos yang mengantar sampai hapal karena aku sering mendapat surat dari Luar Negeri.

          Aku harus berterima kasih pada temanku Paradis yang telah mencarikan kerja untukku dan mendapat pengalaman yang berharga.

          Ada beberapa anak muridku yang Kls 3 kerumah untuk belajar, aku senang sekali mereka punya minat besar dalam Bhs. Inggris.

          Waktu mengajar aku selalu membuat guyonan sedikit agar mereka tidak jenuh dan tidak  ngantuk, berbagai cara aku berusaha agar  anak didikku  mengerti dengan topik yang aku ajarkan  dan alhamdulillah mereka dengan mudah mengerti. 

          Waktu aku  memberi ulangan harian  biasanya aku  memberitahu  sebelumnya dan apa saja yang harus dipelajari dan aku akan membuat soalnya disetiap kelas ber-beda karena aku  tahu persis  setiap kelas  suka saling memberi tahu soalnya kepada temannya dikelas yang berbeda. Teman-teman sesama guru sering berbuat seperti itu sama soalnya , sehingga tebak sendiri kelas yang terakhir akan bagus nilainya dari kelas yang pertama.  Tapi untukku  kiranya anak  didikku pada salah sangka dikiranya aku sama dengan guru lainnya tertipuuuuu he he he

          Sejak aku sekolah dulu aku paling suka kejujuran, bagiku kejujuran diatas se-galanya maka dari itu aku selalu  bilang  ke murid jika  mereka mendapat nilai bagus tapi aku tahu dapat dari nyontek maka aku aku akan kurangi nilainya.

          Setiap ulangan semua buku Bhs. Ingris beserta kamus harus di letakkan di de-pan kelas. Dalam mengawasi ulangan aku termasuk guru yang lemah lembut tapi berwibawa dan disegani serta ditakuti oleh murid, prinsipku untuk disegani murid-murid tidak harus  galak. Lembut juga bisa tegas kok....... semua tergantung dimana kita waktu tegas dan tidak tergantung kondisi, jadi meletakkan pada posisinya.