VEF Blog

Titre du blog : Otobiografi
Auteur : Tutisunaryati
Date de création : 07-06-2018
 
posté le 01-09-2019 à 20:04:21

          Kita Saling berkenalan sesama guru,pegawai administrasi dan hari ini bertepatan hari Senin seperti biasa Acara Upacara kenaikan Bendera Merah Putih. Teng ! Teng ! Teng ! Lonceng berbunyi dan kita berkumpul di halaman Sekolah untuk melaksanakan Upacara , Upacara berjalan lancar dan hikmat dari awal sampai akhir, kita kembali  lagi ke ruang Guru dan para guru mulai masuk ke ruang kelas masing-masing walau Pelajaran belum  mulai, karena ini adalah hari pertama masuk sekolah setelah  libur panjang.

          Aku dapat giliran masuk ke ruang Kls. 3 B, hatiku dag dig dug... aku mulai melangkah menuju ruangan " Bismillahirahmanirrohim ....." aku berucap dalam hati.

          Sebelumnya aku sudah mempersiapkan diri jika memperkenalkan diri didepan kelas, lalu aku meletakkan tasku di kursi dan meletakkan buku diatas meja, aku tidak boleh gugup aku harus menunjukkan diri kalau aku mampu jadi guru yang baik yang disenangi murid untuk itu aku harus memberikan kesan baik dihadapan anak didikku.

           Pertama murid-murid memberi salam sebelum Pelajaran dimulai dan aku berusaha menenangkan diri,setelah hatiku tenang aku mulai memperkanalkan diri  " The first i want to introduce myself  for you, my name is Tuti Sunaryati, i live at jln. Kartini and live with my pare- nts  after i finished the high School here i continued in Jogyakarta  and i  will teach the english etc  " ( Pertama aku ingin memperkenalkan diriku pada kalian,  namaku Tuti sunaryati,  aku tinggal di Jln Kartini dan tinggal bersama kedua orang tuaku setelah aku lulus Sekolah Menengah Atas aku melanjutkan di Jogyakarta dan aku akan mengajar Bhs. Inggris  dll ) entah kenapa akhirnya semua berjalan lancar aku bisa menyesuaikan diri dan berbaur dengan anak didikku, tanpa aku sadari aku bisa menyelingin dengan humor sehingga murid-murid terkesan dan senang. Teng ! Teng ! Teng ! tanpa terasa waktupun selesai dan anak-anak berteriak kecewa karena masih ingin aku tetap di ruangan kelas, alhamdulillahhhh........ aku bisa menyelesaikan de-ngan lancar diawal perkenalanku pertama. Akhirnya aku melangkah keluar kelas se-lah ketua kelas memberi salam itu seperti biasa dilakukan sejak aku dulu SMP dan sampai kini tidak ada yang berubah. 

          Aku pulang mengajar selalu jalan kaki dan jalan kaki tanpa terasa karena jalan bareng dengan teman , tapi setiap berangakat lebih sering diantar bapak.

Bapak dan seisi rumah bertanya bagaimana pengalaman pertamaku mengajar, aku bilang berjalan lancar dan anak-anak banyak yang menyukainya.

          Hari pertama berjalan lancar, hari selanjutnya berjalan dengan sendirinya se-perti air mengalir dengan sendirinya dan akhirnya aku bisa menyusaikan dengan keadaan.  Aku banyak belajar dari sekelilingnya, begitu juga aku banyak belajar dan menyelami sifat masing-masing anak didikku serta aku berusaha bagaimana  mereka bisa menerima mata pelajaranku dengan mudah , berbagai  cara aku  terapkan  agar mereka mengerti sebab kebanyakan mereka mengatakan susah untuk mengerti dan tidak menyukai Pelajaran  Bhs. Inggris.  Hal ini yang menjadi pemikiran pemikiranku  bagaimana cara agar mereka menyukai dan mengerti  karena aku  berpendapat  jika mereka munyukainya maka mereka berusaha untuk mengerti dan menjadi mereka semangat untuk belajar, hasilnya mereka akan dirasakan nantinya, disini berlaku SEBAB AKIBAT.SEBAB menyukai , AKIBATnya mereka akan pintar berbahasa Inggris dan nilanya akan bagus nantinya ketika mendapat raport kenaikan atau izasah serta sebagai modal dasar pelajaran Bhs. Inggris di Sekolah berikutnya.

          Sebagai seorang Guru melihat anak didiknya berhasil itu merupakan kebaha-gian yang tidak bisa diukur dengan apapun. Aku memberi kesempatan kepada anak didikku yang mau datang kerumahku untuk belajar aku terima dengan senang hati tanpa dipungut biaya, karena tujuanku adalah agar mereka pintar.