VEF Blog

Titre du blog : Otobiografi
Auteur : Tutisunaryati
Date de création : 07-06-2018
 
posté le 28-06-2019 à 12:04:16

PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) DI CIREBON

          Aku,adikku dan Sri siang hari berangkat ke Cirebon dengan naik Kereta api , sesuai petunjuk mbah Noto kalau rumah bulek Tati tidak jauh dari stasiun Kereta dan bisa ditempuh dengan becak serta mbah Noto bilang kalau cucunya tidak ada di Cirebon tapi di kota lain tapi instingku mengatakan kalau dia ada di Cirebon, sama halnya sebelum aku ke Cirebon aku bemimpi melihat rumah didekat jalan bentuk rumahnya panjang dan kulihat seorang ibu memakai baju panjang sedang menyapu oleh karenanya aku tunggu ada apa gerangan nantinya setelah tiba di Cirebon.

          Sekitar beberapa empat jam di kereta  akhirnya kita sampai di Cirebon,ini untuk yang kedua kalinya aku dan Sri menginjakkan kaki di Cirebon, kita mencari becak dengan menggunakan dua Becak aku berdua Sri dan adikku di becak satunya lagi, setelah memberikan alamatnya ke tukang becak akhirnya kita diantar ke tempat yang dituju dan setelah tiba ternyata diluar rumah kulihat mas Ari sudah duduk di teras rumah, seakan-akan sedang menunggu nacchhhh... ternyata benar instingku.

          Mas Ari mempersilahkan kita masuk kerumah dan disana ada bulek Tati yaitu ibu dari mas Ari setelah bercakap-cakap sebentar kita diantar sama bulek kamar untuk sementara kita nginap dan esok harinya kita berencana mencari tempat kost.

          Adikku bilang " Mba nanti kita cari tempat kost yang tidak jauh dari Pelabuhan, sehingga mba Tik dan Sri tidak perlu transport " aku setuju saja , walau adikku lebih muda dariku aku selalu menghargai apapun yang sekiranya  baik.

Prinsipku ide bagus akan kuterima dari siapapun dari yang lebih muda.

          Setelah makan malam aku pamit ke mas Ari,om dan bulek untuk pamit tidur karena besok kita akan mencari tempat kost semoga besok dapat sehingga aku tidak perlu lama di rumah bulek Tati. Adikku dan mas Ari masih ngobrol di luar sedang aku dan Sri di kamar, aku tidak banyak ngobrol sama mas Ari  kita ngobrol formil.

          Esok harinya kita pamit untuk mencari tempat kost, semuanya aku serahkan ke adikku jadi dia sebagai pemimpinnya " Hari ini kita harus menemukan " kata adikku. " ok.. aku setuju , semangat ! "

          Diterik matahari dan hawa panas Cirebon kita berjalan kaki dengan bertanya dimana ada terima kost akhirnya kita tiba disebuah rumah dekat pinggir jalan, bentuk rumahnya panjang dan jadi satu dengan warung sembako.

Begitu ngobrol dengan pemilik warung seorang wanita muda cantik, berhidung mancung,kulit kuning langsat,matanya bagus dengan bulu mata lentik serta memakai tutup kepala dari kain, dia menawarkan untuk menerima kost walau sebenarnya selama ini dia tidak pernah menerima kost-kostan katanya. Jadi dia terima aku dan Sri untuk teman di rumahnya.

Nama pemilik warung dan rumah itu Zubaidah karena lebih tua dari kita maka kita memanggilnya mba Beda. Mba Beda selain buka warung dia juga membuka jahitan dan membuka kursus menjahit,muridnyaada beberapa orang.

Mba Beda tinggal sendiri, suaminya bekerja di Saudi Arabia dan mba Beda belum punya anak. Setelah ada kesepakatan mengenai biaya kost per bulan dan akhirnya kita pulang ke rumah bulek Tati lagi untuk mengambil barang-barang kita yang ada disana, hari itu juga aku dan Sri mulai tinggal di rumah mba Beda. Aku satu kamar dengan Sri , ranjang serta peralatan lainnya dari mba Beda.

Kita juga disediakan kompor jadi kita bisa masak.  Adikku kembali lagi ke Jogyakarta dan meninggalkan kita di Cirebon, alhamdulillahhh.... hanya dalam sehari kita sudah mendapatkan tempat untuk tinggal selama 6 bulan.

           Aku dan Sri belum mulai ke Pelabuhan karena masih dalam rangka beres-beres setelah selesai kita duduk di warung mba Beda ;tiba-tiba datang seorang wanita tinggi berbaju panjang, aku tertegun serasa pernah melihat orang dimana yacchhh .?  aku baru ingat ternyata ibu ini adalah orang yang ada didalam mimpiku dan aku baru tahu wanita itu ibu dari mba Beda. Setelah aku ceritakan tentang mimpiku ke mba Beda " Subhanallah.. ternyata kita memang sudah berjodoh yacch Tik, tadinya saya tidak berniat terima anak kost tapi entah kenapa saya terima anak kost " kata mba Beda dengan semangat dan dengan mata berbinar-binar .

" Iyaaa mba .. padahal aku mencari enggak dapat-dapat eecch ternyata dapatnya disini " kataku menimpali mba Beda.