VEF Blog

Titre du blog : Otobiografi
Auteur : Tutisunaryati
Date de création : 07-06-2018
 
posté le 31-03-2019 à 08:12:35

          Ramadhan tahun kedua tiba, aku ingin menambah uang jajanku dan ingin jualan didepan rumah sore hari untuk naik Bayang Kling dll.

          Aku dan adikku Edi pergi ke Kebun untuk beli jambu Klutuk untuk kujual lagi.

Pagi-pagi aku dan adikku pergi  kita melewati pohon-pohon dan kebun untuk sampai ke tempat yang dituju, akhirnya aku sampai juga di Kebun jambu, disana ada sebuah gubuk terbuat dari papan dan ada beberapa batang pohon jambu.

" Assalamualaikum,assalamualaikum....; kita memanggil pemilik rumah.

 Tidak lama keluar seorang wanita separuh baya, lalu kami mengatakaan berminta membeli jambu untuk dijual lagi.

Adikku memanjat dan aku yang memasukkan jambu-jambu ke tas Kresek, akhirnya jambu sudah terkumpul kitapun pulang.

Aku dan adikku sore hari berjualan jambu dan permen dengan meja kecil di halaman rumah dekat jalan,aku menjual permen dan jambu lebih murah sehingga cepat laku .           Selama Ramadhan emak tidak jualan sehingga aku tidak dapat uang dari emak.

          Selama Ramadhan aku libur selama sebulan, waktunya untuk fokus beribadah traweh, puasa dan subuh. Aku selalu traweh di Masjid Al-jihad tidak jauh dari rumah mbah.

          Idul Fitri tiba, hari yang ditunggu selama sebulan berpuasa setelah sungkem ke rumah mbah dengan baju baru dan membantu mbah sebentar aku bergegas pulang dengan cepat aku pergi ke Bayang Kling  (kemidi puter).

Untung tempatnya tidak jauh dari rumahku di jln Rimbo jalan kaki  5 menit sudah sampai. Disepanjang jalan banyak orang berjualan tentu saja jualan makanan ala Sumatera seperti empek-empek, mie tahu, gunjing dan ada juga orang jualan mainan anak-anak serta orang jualan balon.

          Komidi Puter  dan permainan ombak Air ada di lapangan kecil disebelah jalan.

Aku menghampiri Komidi Puter incaranku barang tentu kuda atau pasawat terbang, tapi kulihat banyak orang berebut menunggu orang yang sudah selesai, Komidi Puter dan ombak Air semua terbuat dari kayu dan diiringi musik serta suara terikan anak-anak-anak gembira bergema riuh  " mamang cangok duit.. mamang cangok duit... !  artinya Paman rakus duit " ini adalah kata-kata simbolik agar paman yang mendorong kemidi puter tambah semangat menggerakkan Komidi Puternya dengan cara mendorong lebih cepat lagi dan anak-anak kecil tambah senang. 

akupun ikut-ikutan berteriak seperti itu .

          Aku tidak akan pulang kalau uang ditangan belum habis, karena ini hiburan yang ditunggu setiap tahunnya hmmmmmm... menyenangkan sekali. Uang habis untuk beli makanan dan naik Komidi Puter serta ombak Air.

Kegembiraan yang tidak pernah kulupakan disetiap Udul Fitri.....

          Habis Idul Fitri tepatnya seminggu setelah Idul Fitri emak jualan lagi kata emak enggak enak terlalu lama ngangur badan capek tapi capeknya tidak menghasilkan uang, kata emak kepada ibuku.

Aku suka ikut emak belanja bahan kering seperti gula jawa,kacang tanah,krupuk ubi dll  ke Toko Lengganan emak di Bang Mego,pemilik Toko orang cina , aku  sering ikut emak aku jadi kenal baik dengan pemilik toko.

                                            

                                           Emak Abu (Nenekku)