VEF Blog

Titre du blog : Otobiografi
Auteur : Tutisunaryati
Date de création : 07-06-2018
 
posté le 06-01-2019 à 11:01:03

PINDAHNYA KELUARGA OMKU.

          Akhirnya omku yang tinggal di Tegal Parang mengikuti jejak bapakku pindah ke Ke Kemayoran tapi di Bendungan Jago tidak jauh dari rumah kita. Omku menyewa rumah dan omku sudah pindah dengan pekerjaan barunya. omku tidak sulit untuk mendapatkan pekerjaan baru sebab omku punya keahlian dibidang Tata Buku.

Ini membuat kita jadi senang karena ada keluarga yang dekat, jadi kita mudah untuk saling berkunjung jalan kaki ke rumah omku hanya 15 menit.

          Kadang aku  menginap dirumah omku, aku belajar sepeda dilapangan depan rumah omku dengan menggunakan sepeda anaknya, hanya dengan sehari aku bisa menggunakan sepeda walau dengan lutut babak belur karena aku jatuh menaabrak pagar rumah orang he he he

          Seperti biasa dengan pekerjaan bapakku yang tidak menentu uang sekolah masih selalu nunggak dan seperti biasa mendapat surat teguran dari Sekolah tapi untung ada omku mereka selalu menolong untuk pekerjaan bapakku dan kadang membantu untuk kehidupan keluarga kita.  Melihat hal ini emakku(nenek) mendapat pekerjaan menjadi tukang masak untuk seorang Apotiker disana, kebetulan Apotiker disana seorang bujangan dan akhirnya untuk mencuci pakaiannya diserahkan ke ibuku .......,lumayan untuk tambah-tambah ekonomi keluarga.

           Pernah aku diajak emak ketempat kerja dan aku disena hanya melihat emak bekerja serta membantu mana yg aku bisa kerjakan,aku tidak betah hari serasa lama harus nunggu sore kebetulan hari itu aku libur sekolah. Aku makan enak tapi aku selalu ingat adik-adikku dan kakakku apakah mereka makan enak seperti diriku.... walau tiap hari sepulang kerja emak selalu membawa makanan enak ke rumah, tapi makan siang dengan makanan enak terasa hambar di lidahku ,di rumah kita selalu makan nasi dengan sepotong krupuk kadang dengan terasi goreng tersa nikmat.

Akhirnya sorepun tiba,aku dan emak pulang kita pulang jalan kaki karena tidak punya uang untuk transport kita jalan kaki sekitar satu jam. 

Hanya sekali aku ikut emak kerja sebab aku tidak betah untuk berdiam diri disana.

          Kehidupan yang sangat miskin membuat aku makin giat belajar, aku ingin jadi orang pintar,ingin bisa cari uang untuk membantu ibu bapakku dan keluargaku. Jika aku membanti ibu memasak sambil bekerja aku belajar berbagai cara aku lakukan agar aku jadi anak pintar di kelas, alhamdulillahhh usahaku tidak sia-sia dan aku jadi juara kelas. Aku selalu ikut kegiatan sekolah dan aku di kelas selalu jadi bendahara kelas  intinya aku  jadi pusat perhatian teman-temanku karena aku ringan tangan membantu mereka. Setiap upacara aku selalu ditunjuk jadi  pemimpin membawakan lagu National istilahnya : Derigen.

          Makanan faforitku di Sekolah jajanan sekolah namanya krupuk mie,krupuk yg digoreng pakai pasir biasanya pas pagi aku selalu yang pertama beli aku suka krupuknya masih garing dan sambalnya masih merah dengan warna cabe hhmmmmmmmmm ... nikmatnya krupuk langsung dumasukkan dalam panci yang penuh dengan sambal,krupukku berwarna merah dengan samabal nikmattttnya .....

          Karena aku jadi juara kelas kebetulan aku rangking 1 ,rangking 2 temanku Nurhais,Rangking 3 temanku Endang,  akhirnya kita bertiga dipilih untuk ikut Acara Cerdas Cepat di TVRI kita latihan terus dan kita berusaha untuk menjadi juara 1 nanti yang berharap agar Sekolah kita menjadi dikenal.

         Tibalah waktunya untuk kita mengikuti program Cepat Tepat di TVRI secara langsung, aku,Nurhais,Endang dan guru beragkat ke Stasiun TVRI  sebelum acara dimulai kita singgah dulu di Kantin TVRI, guru bilang yang tampl di TV aku dan Nurhais sedang Endang menjadi cadangan. Waktu untuk siaranpun tiba, kita menuju kesebuah ruangan dimana banyak lampu sorot agak sedikit silau dimata lampu, aku dan Nurhais duduk berdua bersama dengan pasangan kompotisi dari SD lain, aku lupa nama SDnya jadi kota ada  tiga pasang. Disana ada jurinya juga tapi aku lupa berapa orang yang aku ingat Pembawa Acaranya kak Teddy Resmisari cantik.. aku selama ini hanya bisa melihat kak Teddy yang terkenal lewat kaca TV , serasa mimpi aku bisa berada disana dan melihat kak Teddy secara langsung. Untuk menghilangkang kegugupanku dan detak jantung yang begitu cepat serta agar bisa menjawab pertanyaan aku berdoa terlebih dahulu minta ke Allah agar diberi ketenangan dalam menjawab dan dapat juara 1.

Akhirnya acarapun tiba , bismillahirraomanirrohimmmm semoga berjalan lancar aku berkaata dalam hati dngan hati berkecemuk aku berusaha menenangkan perasaan agar bisa menjawab semua pertanyaan.

Akhirnya acarapun berjalan lancar aku dan Nurhas bisa menjawab setiap pertanyaan dengan lancar, tapi keberuntungan belum berpihak kepada kita walaupun demikian  kita cukup berpuas diri dengan memperoleh Juara ke 2 alhamdulillahhh kita harus tetap bersyukur ke Allah atas semua yang diberikan. Kata guruku kompotisi bilangnya seruuuu.... ini adalah pengalamanku yang super indah yang seumur hidup ku yang tak pernah kulupakan. Dalam semalam aku dikenal diseluruh Indonesia karena aku tampil di TVRI .Ooohhh yaaa ....kita Juara 2 mendapat Buku Gambar,tinta untuk menggambar dan uang sebesar Rp 15.000,-

Aku tidak melihat hadiahnya tapi pengalamanku aku berada di TV. Sejak itu aku selalu pergi ke SD lain untuk Petandingan Kepintaran antar SD sebagai wakil dari S SD Muhammadiyah 45 dan aku tambah semangat belajar. Berbagai cara metode untuk belajar agar aku menjadi anak pintar.